DIVISI THT KOMUNITAS UNAIR

Kepala Divisi THT Komunitas

Dr. dr. Nyilo Purnami, SpTHT-KL(K)

 

Staf Divisi THT Komunitas

  1. dr. Nyilo Purnami, SpTHT-KL(K)
  2. Prof. Dr.dr. HMS Wiyadi, SpTHT-KL(K)
  3. Haris M Ekorini, SpTHT-KL(K)

 

Tujuan Instruksional Umum

Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS diharapkan mampu melakukan pemeriksaan dan terapi di bidang Komunitas T.H.T.K.L.

 

Tujuan Instruksional Khusus

  1. Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS mampu:
  2. Membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diminta.
  3. Mampu menangani problem itu secara mandiri (khususnya level 4) hingga tuntas meliputi kasus-kasus sebagai berikut :

Tabel 1

No

Modul (kognitif)

Psikomotor

1

Epidemiologi

Perhitungan prevalensi dan insiden kasus

2

Preventif dan promotif

Penyuluhan

3

Kualitas hidup

Penanganan kualitas hidup

4

Gangguan komunikasi dengan pendekatan normal

Latihan wicara

5

Perkembangan bahasa dan bicara pada anak

Latihan wicara

6

Tuli kongenital pada bayi dan anak

Skrining dengan OAE, AABR

7

Gangguan belajar pada pemusatan perhatian

Skrining dengan BOA

8

Gangguan belajar dan pemusatan perhatian

Skrining gangguan pendengaran, BOA, play audiometri

9

Ototoksik

Skrining baseline MDR

10

Pekerja

Skrining NIHL

11

Hipernasal dan hiponasal

Latihan wicara

 

  1. Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS mampu :
  2. Membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diminta
  3. Memberi terapi pendahuluan
  4. Merujuk ke spesialis yang relevan meliputi table 1

 

  1. Pradik

No

Materi

Waktu

Pengajar

Ket.

1

Penjelasan pembuatan referat dan makalah ilmiah vancouver

2 x 60 menit

Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

2

 

Penjelasan tentang daftar pustaka harvard

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

Alur penelitian

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

Sitasi, referensi (program mendeley) dan publikasi

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

Surveillace epidemiologi

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

Evidence Based Medicine

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

 

  1. Modul Komunitas I

No

Materi

K

Waktu

Pengajar

Ket.

1

Perkembangan bahasa dan bicara pada anak

3A

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

2

Tuli kongenital pada bayi dan anak

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

3

Gangguan pendengaran pada anak usia sekolah

3A

1 x 60 menit

Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

4

Gangguan belajar pada pemusatan perhatian

2

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

5

Ototoksik

3A

1 x 60 menit

Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

6

Hipersal dan hiponasal

2

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

Tindakan Praktis (Hospital Based)

No

Materi

K

Waktu

Staf Pengajar

Ket.

1

Audiometri

3A

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

2

OAE

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

3

AABR

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

4

ABR

2

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

5

Fitting ABD

2

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

6

Speech therapy

2

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

 

 

 

  • Modul Komunitas II

No

Materi

K

Waktu

Staf Pengajar

Ket.

1

Epidemiologi

2

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

2

Preventif dan promotif

2

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

3

Kualitas hidup

2

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

4

Gangguan komunikasi dengan pendengaran normal

3A

1 x 60 menit

Haris M Ekorini, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

5

Pekerja

3A

1 x 60 menit

Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)

 

 

Tindakan Praktis (Community Based)

No

Materi

K

Waktu

Staf Pengajar

Ket.

1

Beberapa aktif dalam kepaniteraan kegiatan komunitas kemahasiswaan S1

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

2

Pengabdian Masyarakat

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

3

Memberi penyuluhan, mengadakan seminar/lokakarya, maupun pelatihan

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

4

Skrining gangguan pendengaran pada kelompok resiko tinggi

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

5

Monitoring gangguan pendengaran

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

6

Melaksanakan program penanganan gangguan pendengaran dan ketulian di masyarakat luar RS (out

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

7

Melakukan kunjungan SLB / resources center

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

8

Melakukan surveilance

3A

1 x 60 menit

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L.(K),FICM

 

 

  1. Staf Pengajar Divisi

Tugas staf pengajar :

  • Mengampu modul sesuai dengan kesepakatan internal divisi
  • Mempersiapkan bahan kuliah/diskusi dan soal-soal sesuai modul
  • Menentukan kompetensi modul
  • Membuat algoritma penatalaksanaan kasus sesuai modul yang diampu.
    apabila diperlukan dapat bekerjasama dengan divisi lain yang terkait (lintas divisi)
  • Mengevaluasi proses pembelajaran PPDS, melalui :
    1. Evaluasi tindakan klinis sesuai modul → Direct observation of procedural skill (DOPS)
    2. Evaluasi pretest dan post-test (sesuai jadwal)
    3. Diskusi kasus → clinical assessment
    4. Evaluasi kinerja PPDS → ketua divisi
    5. Evaluasi status rekam medic kelengkapan dll → berkoordinasi dengan Bu Endang.

 

  1. Rotasi dan Tugas PPDS di Divisi Komunitas
  • Rotasi PPDS:

No

Tempat Rotasi

PPDS

Keterangan

1

Poli Audiologi

Junior (1)

Senior (1)

Buka setiap hari kerja

 

  • Tugas PPDS:

No

Tingkat PPDS

Tugas

Keterangan

1

Keterangan

Poli Audiologi

Skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir
Investigasi CRS
Skrining gangguan pendengaran pada pasien pro kemoterapi cisplatin based

 

Poli MDR

Skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima obat ototoksik

 

Luar RS

Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial, skrining pendengaran pada sekolah SD

2

Senior

Poli Audiologi

Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir dan investigasi CRS

 

Poli MDR

Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima pengobatan obat ototoksik

 

Luar RS

Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial skrining NIHL

3

Secara Umum

a.       Pretes

b.      Diskusi

c.       Publikasi

d.      Pelaporan

 

 

Bacaan Wajib:

  1. Suwento R, Ziziavsky S, Airlangga T, Suardana W, Anggraeni R, Purnami N, et al. Skrining pendengaran pada bayi baru lahir. Jakarta: Kementrian kesehatan RI, 2010.
  2. Pranoto A, Prasetyo B, Danandono E, Kurniawati EM, Harjono, Huesein H, et al. Buku ajar kedokteran komunitas. Surabaya: Airlangga University Press, 2013.
  3. Modul THT komunitas program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan telinga, hidung, tenggorok, bedah kepala dan leher.