DIVISI THT KOMUNITAS UNAIR

JADWAL PEMBELAJARAN PPDS 1

DIVISI KOMUNITAS

DEPT./SMF ILMU KESEHATAN T.H.T.K.L FK UNAIR – RSUD Dr. SOETOMO

SURABAYA

 

 

Kepala Divisi THT Komunitas

 

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

 

Staf Divisi THT Komunitas

  1. Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
  2. Prof. Dr. dr. HMS Wiyadi, Sp T.H.T.K.L (K), FICS
  3. Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)

 

  1. Pradik
No Materi Waktu Pengajar Ket.
1 Penjelasan pembuatan referat dan makalah ilmiah vancouver 2 x 60 menit Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS
2

 

Penjelasan tentang daftar pustaka harvard 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
Alur penelitian 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
Sitasi, referensi (program mendeley) dan publikasi 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
Surveillace epidemiologi 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
Evidence Based Medicine 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

 

  1. Modul Komunitas I
No Materi K Waktu Pengajar Ket.
1 Perkembangan bahasa dan bicara pada anak 3A 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
2 Tuli kongenital pada bayi dan anak 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
3 Gangguan pendengaran pada anak usia sekolah 3A 1 x 60 menit Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K)
4 Gangguan belajar pada pemusatan perhatian 2 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
5 Ototoksik 3A 1 x 60 menit Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS
6 Hipersal dan hiponasal 2 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

Tindakan Praktis (Hospital Based)

No Materi K Waktu Staf Pengajar Ket.
1 Audiometri 3A 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
2 OAE 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
3 AABR 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
4 ABR 2 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
5 Fitting ABD 2 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
6 Speech therapy 2 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

 

 

 

  • Modul Komunitas II
No Materi K Waktu Staf Pengajar Ket.
1 Epidemiologi 2 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
2 Preventif dan promotif 2 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
3 Kualitas hidup 2 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
4 Gangguan komunikasi dengan pendengaran normal 3A 1 x 60 menit Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
5 Pekerja 3A 1 x 60 menit Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS

 

 

 

 

Tindakan Praktis (Community Based)

No Materi K Waktu Staf Pengajar Ket.
1 Beberapa aktif dalam kepaniteraan kegiatan komunitas kemahasiswaan S1 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
2 Pengabdian Masyarakat 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
3 Memberi penyuluhan, mengadakan seminar/lokakarya, maupun pelatihan 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
4 Skrining gangguan pendengaran pada kelompok resiko tinggi 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
5 Monitoring gangguan pendengaran 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
6 Melaksanakan program penanganan gangguan pendengaran dan ketulian di masyarakat luar RS (out 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
7 Melakukan kunjungan SLB / resources center 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
8 Melakukan surveilance 3A 1 x 60 menit Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

 

 

 

  1. Staf Pengajar Divisi

Tugas staf pengajar :

  • Mengampu modul sesuai dengan kesepakatan internal divisi
  • Mempersiapkan bahan kuliah/diskusi dan soal-soal sesuai modul
  • Menentukan kompetensi modul
  • Membuat algoritma penatalaksanaan kasus sesuai modul yang diampu.
    apabila diperlukan dapat bekerjasama dengan divisi lain yang terkait (lintas divisi)
  • Mengevaluasi proses pembelajaran PPDS, melalui :
    1. Evaluasi tindakan klinis sesuai modul → Direct observation of procedural skill (DOPS)
    2. Evaluasi pretest dan post-test (sesuai jadwal)
    3. Diskusi kasus → clinical assessment
    4. Evaluasi kinerja PPDS → ketua divisi
    5. Evaluasi status rekam medic kelengkapan dll → berkoordinasi dengan Bu Endang.

 

  1. Rotasi dan Tugas PPDS di Divisi Komunitas
  • Rotasi PPDS:
No Tempat Rotasi PPDS Keterangan
1 Poli Audiologi Junior (1)

Senior (1)

Buka setiap hari kerja

 

  • Tugas PPDS:
No Tingkat PPDS Tugas Keterangan
1 Keterangan Poli Audiologi Skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir
Investigasi CRS
Skrining gangguan pendengaran pada pasien pro kemoterapi cisplatin based
Poli MDR Skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima obat ototoksik
Luar RS Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial, skrining pendengaran pada sekolah SD
2 Senior Poli Audiologi Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir dan investigasi CRS
Poli MDR Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima pengobatan obat ototoksik
Luar RS Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial skrining NIHL
3 Secara Umum a.       Pretes

b.      Diskusi

c.       Publikasi

d.      Pelaporan

 

 

 

 

PROGRAM PENDIDIKAN PPDS DIVISI KOMUNITAS

 

Staf Divisi Komunitas T.H.T.K.L

 

  1. Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS
  2. Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K)
  3. Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS

 

 

Tujuan Instruksional Umum

 

Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS diharapkan mampu melakukan pemeriksaan dan terapi di bidang Komunitas T.H.T.K.L.

 

Tujuan Instruksional Khusus

  1. Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS mampu:
  2. Membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diminta.
  3. Mampu menangani problem itu secara mandiri (khususnya level 4) hingga tuntas meliputi kasus-kasus sebagai berikut :

 

Tabel 1

No Modul (kognitif) Psikomotor
1 Epidemiologi Perhitungan prevalensi dan insiden kasus
2 Preventif dan promotif Penyuluhan
3 Kualitas hidup Penanganan kualitas hidup
4 Gangguan komunikasi dengan pendekatan normal Latihan wicara
5 Perkembangan bahasa dan bicara pada anak Latihan wicara
6 Tuli kongenital pada bayi dan anak Skrining dengan OAE, AABR
7 Gangguan belajar pada pemusatan perhatian Skrining dengan BOA
8 Gangguan belajar dan pemusatan perhatian Skrining gangguan pendengaran, BOA, play audiometri
9 Ototoksik Skrining baseline MDR
10 Pekerja Skrining NIHL
11 Hipernasal dan hiponasal Latihan wicara

 

  1. Pada akhir masa studi di divisi ini, PPDS mampu :
  2. Membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diminta
  3. Memberi terapi pendahuluan
  4. Merujuk ke spesialis yang relevan meliputi table 1

 

 

 

 

 

Program kerja PPDS :

 

Modul Komunitas

No Materi Penanggung Jawab Keterangan
 

 

 

 

 

 

 

 

I

Pretest
Epidemilogi  

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS

Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Preventif dan promotif Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Kualitas hidup Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

 

 

Tindakan praktis

Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K) Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

 

 

 

 

 

 

II

Gangguan komunikasi dengan gangguan pendengaran normal Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K) Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Perkembangan bahasa dan bicara pada anak Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K) Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Tuli kongenital pada bayi dan anak Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Gangguan pendengaran pada anak usia sekolah Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

 

 

 

 

 

 

III

Gangguan belajar dan pemusatan perhatian Haris Mayagung Ekorini, dr., Sp. T.H.T.K.L (K) Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Ototoksik Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Pekerja Prof. Dr. H.M.S. Wiyadi, dr., Sp.T.H.T.K.L.(K) FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

Hipernasal dan hiponasal Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

IV Pelaporan Dr. Nyilo Purnami, dr., Sp. T.H.T.K.L (K),FICS Kuliah 1 x 60’

Diskusi 1 x 60’

Belajar mandiri

 

Rotasi dan Tugas PPDS

  • Rotasi PPDS:
No Tempat Rotasi PPDS Keterangan
1 Poli Audiologi Junior (1)

Senior (1)

Buka setiap hari kerja

 

  • Tugas PPDS:
No Tingkat PPDS Tugas Keterangan
1 Keterangan Poli Audiologi Skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir
Investigasi CRS
Skrining gangguan pendengaran pada pasien pro kemoterapi cisplatin based
Poli MDR Skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima obat ototoksik
Luar RS Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial, skrining pendengaran pada sekolah SD
2 Senior Poli Audiologi Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran bayi baru lahir dan investigasi CRS
Poli MDR Membantu PPDS junior dalam skrining gangguan pendengaran pasien TBC dan HIV yang menerima pengobatan obat ototoksik
Luar RS Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas misalnya bakti sosial skrining NIHL
3 Secara Umum e.       Pretes

f.        Diskusi

g.      Publikasi

h.      Pelaporan

 

Bacaan Wajib:

  1. Suwento R, Ziziavsky S, Airlangga T, Suardana W, Anggraeni R, Purnami N, et al. Skrining pendengaran pada bayi baru lahir. Jakarta: Kementrian kesehatan RI, 2010.
  2. Pranoto A, Prasetyo B, Danandono E, Kurniawati EM, Harjono, Huesein H, et al. Buku ajar kedokteran komunitas. Surabaya: Airlangga University Press, 2013.
  3. Modul THT komunitas program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan telinga, hidung, tenggorok, bedah kepala dan leher.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty